IPA energi

Energi

            Energi adalah kemampuan untuk melakukan suatu kerja atau membuat sesuatu terjadi. Satuan energi adalah joule.Energi tidak dapat dimusnahkan. Energi dapat diubah dari bentuk yang satu ke bentuk yang lain. Peristiwa ini disebut transformasi energi. Misal : kipas angin berputar, setelah terjadinya perubahan energi listrik menjadi energi gerak. Setrika listrik dari energi listrik diubah menjadi energi panas, dan sebagainya. Energi dapat diubah menjadi energi yang setara, tetapi energi itu tidak dapat dimusnahkan dan juga tidak dapat dibuat. Hal ini disebut hukum kekekalan energi.

Bunyi hukum kekekalan energi: Hukum Kekekalan Energi (Hukum I Termodinamika) berbunyi: “Energi dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain tapi tidak bisa diciptakan ataupun dimusnahkan (konversi energi)”.

Ada beberapa macam bentuk energi antara lain:

  1. Energi panas
  2. Energi bunyi
  3. Energi gerak
  4. Energi cahaya
  5. Energi Potensial
  6. Energi listrik
  7. Energi kimia
  8. Energi Atom
  9. Energi Nuklir
  1. Energi Panas

Energi panas atau kalor adalah energi yang berasal dari panas yang terjadi dari sinar energi matahari atau berasal dari nyala api.  Energi panas dapat menyebabkan benda memuai, mencair, menguap atau terbakar. Dalam ilmu fisika, panas adalah pemindahan energi dari satu bagian ke bagian lain karena adanya perbedaan temperatur. Panas adalah energi yang selalu bergerak dari temperatur lebih tinggi ke tempat temperatur yang lebih rendah. Perpindahan ini membuat temperatur di satu bagian menurun dan meningkat di bagian lainnya. Contohnya adalah panas berpindah dari air ke sendok logam. Adapun panas membuat perubahan bentuk bentuk seperti: di siang hari yang panas genangan air akan mengering. Karena temperatur tinggi membuat air menguap.

  1. Sumber panas

Panas dapat ditimbulkan oleh beberapa sumber panas. Diantaranya:

a)      Gesekan antar benda

Contoh pembuktian:

1)      Ambillah dua buah batu di sekitarmu.

2)      Gosokkan kedua batu itu satu sama lain dalam beberapa menit.

3)      Tempelkan batu-batu itu pada kulit tubuhmu.

4)      Apa yang kamu rasakan?

Batu yang digosokkan terasa panas. Makin lama dan makin keras digosokkan, makin terasa lebih panas. Jadi sumber panas dapat dihasilkan dari gesekan antarbenda.

b)      Api merupakan sumber panas

Contoh pembuktian:

1)      Ambillah beberapa batang kayu bakar.

2)      Siram kayu bakar dengan minyak tanah.

3)      Nyalakan kayu bakar dengan menghidupkan korek api atau sentuhkan kayu bakar tersebut pada tungku perapian.

4)      Setelah kayu terbakar, dekatkan kayu dengan badanmu.

5)      Apa yang kamu rasakan?

Badan akan terasa panas apabila didekatkand engan kayu yang terbakar. Kulit kita menjadi ikut panas dan hawa dingin yang menyelimuti badan berganti menjadi hangat dan kemudian panas. Jadi, sumber panas dapat diperoleh dari api atau perapian.

c)      Matahari merupakan sumber panas

Contoh pembuktian:

1)      Ambillah sehelai kain.

2)      Celupkan kain tersebut ke dalam ember berisi air, sehingga kain itu basah.

3)      Jemurlah kain itu di bawah terik matahari.

4)      Apa yang akan terjadi jika kain dijemur dalam beberapa waktu yang lama?

Kain yang dijemur lama- kelamaan menjadi kering, air yang membasahi kain menguap oleh panas matahari. Jadi, sumber energi panas dapat diperoleh dari matahari.

d)     Pemanfaatan energi panas

1)      Mengeringkan baju,

2)      Menjemur ikan asin,

3)      Membuat batu bata,

4)      Dalam peralatan rumah tangga yang memanfaatkan energi panas. Contohnya: kompor minyak, kompor gas, setrika, rice cooker, magic jar.

5)      Energi juga digunakan dalam berbagai alat transportasi seperti balon udara terbang.

e)      Pengaruh energi panas

Panas dapat membuat batu serta beberapa jenis hewan dan tumbuhan memiliki warna yang berlainan.

Panas dapat membuat tumbuhan meranggas.

Panas dapat membuat tumbuhan tumbuh dengan subur.

Panas juga memperngaruhi perilaku manusia. Manusia menggunakan AC dan kipas angin karena panasnya udara di bumi.

  1. Energi Bunyi

Bunyi adalah apa saja yang dapat kita dengar dimana pun kita berada. Semua itu dapat disebut sebagai sumber bunyi. Bunyi dihasilkan dari benda yang bergetar. Benda dikatakan bergetar jika benda itu mengalami gerakan bolak-balik. Getaran kuat menimbulkan bunyi tinggi, getaran lambat menimbulkan bunyi rendah.Resonansi adalah peristiwa ikut bergetarnya suatu benda karena pengaruh getaran benda lain.Resonansi menyebabkan bunyi Iebih nyaring.Kuat lemahnya bunyi ditentukan oleh simpang getar (amplitudo).Jika simpang getar (amplitudo) Iebih besar maka bunyi semakin kuat, dan sebaliknya jika amplitudo kecil bunyi semakin lemah.Tinggi rendahnya bunyi berdasarkan frekuensinya. Frekuensi adalah banyaknya getaran yang terjadi tiap satu detik. Macam-macam bunyi berdasarkan frekuensinya:

a)      Infrasonik adalah bunyi yang sangat rendah, dengan frekuensi kurang dari 20 Hz. Bunyi infrasonik dapat diterima oleh anjing, kelelawar, angsa dan kuda.

b)      Audiosonik adalah bunyi yang frekuensinya dianatra 20 Hz-20.000 KHz. Bunyi ini yang dapat didengar oleh telinga manusia normal.

c)      Ultrasonik adalah bunyi yang sangat tinggi dengan frekuensi Iebih dari 20.000 KHz. Bunyi ini dapat di dengar oleh lumba-lumba dan kelelawar.

Bunyi dapat merambat melalui banda padat, benda cair dan benda gas. Zat cair merambatkan bunyi Iebih baik dari pada udara (benda gas). Zat padat merambatkan bunyi Iebih baik dari pada zat cair. Cepat rambat bunyi pada medium:

a)      tembaga = 3.975 m/detik

b)      air = 1.400 m/detik

c)      udara = 340 m/detik

 

Seruling yang kita tiup juga dapat

berbunyi. Udara dalam suling bergetar saat

ditiup, sehingga menghasilkan bunyi. Energi getar lain pada garputala.

Garputala adalah suatu alat musik, berbentuk seperti garpu. Alat ini

dibunyikan dengan cara dipukulkan . Kemudian garputala akan bergetar, getaran akan menghasilkan bunyi.

Bunyi dapat dipantulkan dan diserap Bunyi dapat memantul ke arah sumber bunyi. Pemantulan bunyi terjadi karena adanya media pantul di sekitar sumber bunyi. Benda pemantul bunyi contohnya dinding, tembok, seng, dan Iain-Iain. Benda penyerap bunyi contohnya karpet, kain, karton, wol, karet, gabus. kapas, busa dan Iain-Iain. Gaung adalah bunyi pantul yang terdengar sebelum bunyi akhir asli selesai terdengar Gema adalah bunyi pantul yang terdengar setelah bunyi akhir asli selesai terdengar

Penerapan pemantulan bunyi. Bunyi pantul dapat dimanfaatkan untukmengukur kedalaman laut. Jarak tempuh bunyi = cepat rambat bunyi x waktu yang dibutuhkan bunyi.

Contoh pembuktian:

1)      Rabalah lehermu terutama di sekitar kerongkongan (jakun)

2)      Keluarkan suaramu, mulai dari suara lemah, agak keras, dan keras.

3)      Apa yang kamu rasakan?

4)      Rabalah juga lehermu saat kamu tidak mengeluarkan suara.

5)      Adakah perbedaannya?

Pada saat kita mengeluarkan suara, pada leher akan terasa mengeluarkan getaran, sebaliknya saat kita diam ( tidak mengeluarkan suara), leher kita tenang dan tidak ada getaran.

a)      Bunyi dapat merambat melalui zat padat, cair, dan gas

Perambatan bunyi bisa melalui zat padat, cair, dan gas. Perambatan bunyi melalui zat padat

Contohnya:

1)      Tempelkan telingamu pada ujung sebuah meja.

2)      Mintalah salah satu seorang temanmu untuk menggaruk atau memukul pelan-pelan meja pada ujung yang lain.

3)      Dapatkah kamu mendengarkan sesuatu?

Meja merupakan salah satu contih benda padat. Karena bunyi untuk sampai ke telinga kita harus merambat, maka meja menjadi zat perantara bergetarnya bunyi untuk sampai ke telinga kita. Oleh karena itu, kita dapat mendengarkan garukan tangan atau pukulan tangan pada meja.

b)      Perambatan bunyi melalui zat cair

Contohnya :

1)      Sediakan ember, air, dan alat pemukul.

2)      Isilah ember tersebut dengan air hingga penuh.

3)      Tempelkan salah satu telingamu ke permukaan air.

4)      Ketuk-ketukan dinding ember bagian bawah dengan alat pemukul.

5)      Dapatkah kamu mendengaer sesuatu ?

 

c)      Perambatan bunyi melalui zat gas

Bunyi lonceng sampai terdengar di telinga kita karena merambat melalui udara. Udara termasuk benda atau zat gas. Apa sebabnya bunyi yang kita dengar kadang-kadang tinggi. Kadang-kadang rendah?

Doppler seorang ahli dari negara Austria mengatakan hasil penemuannya sebagai berikut “ jika sumber bunyi mendekati pendengar, maka bunyi yang terdengar semakin tinggi. Jika sumber bunyi menjauhi pendengar, maka bunyi yang terdengar semakin rendah.” Yang biasa dikenal dengan Hukum Doppler. Bukti hukum doppler adalah ketika kereta api akan melewati palang kereta api, tempat kita berhenti. Ketika kereta api bergerak mendekati kita, bunyi kereta api semakin tinggi. Bunyi tersebut sangat tinggi ketika kereta api berada di depan kita., dan selanjutnya bunyi kereta api semakin rendah setelah melewati kita.

d)     Bunyi dapat dipantulkan atau diserap

Apakah perbedaannya jika bola dilemparkan ke tembok yang keras dan jika bola itu dilemparkan ke tanah yang lunak?

Bola yang dilemparkan ke tembok yang keras akan memantul lebih jauh daripada bola yang dilemparkan ke tanah yang lunak. Bagaimanakah dengan bunyi atau suara yang kita arahkan ke tembok? Apakah suara itu juga dipantulkan? Pernahkah kamu berteriak di sawah yang luas? Atau berteriak di hadapan tembok gedung yang tinggi?

Pada dasarnya bunyi dapat dipantulkan. Baik buruknya suatu benda memantulkan dan menyerap bunyi tergantung pada permukaannya. Permukaan yang lunak akan sulit memantulkan bunyi, bahkan permukaan itu bisa jadi menyerap bunyi. Permukaan yang keras dan licin akan sangat membantu memantulkan bunyi, sehingga hanya sedikit suara yang hilang.

e)      Macam-macam bunyi pantul

Berdasarkan letak sumber bunyi dan dinding memantul, maka bunyi pantul dapat berupa gema, gaung atau kerdam.

  1. Gema

Gema adalah bunyi pantul yang terdengar jelas setelah bunyi asli. Hanya benda-benda yang memiliki permukaan keras yang dapat memantulkan bunyi dengan sempurna. Sehingga menimbulkan gaung dan gema. Benda-benda yang permukaannya lunak akan menyerap bunyi.

  1. Gaung atau kerdam

Gaung atau kerdam adalah bunyi pantul yang sebagian terdengar bersamaan dengan bunyi asli, sehingga bunyi asli tidak jelas. Gaung atau kerdam terjadi pada ruangan yang agak besar. Seperti: di gedung olahraga bulu tangkis, bioskop, pertemuan, dan lain sebagainya. Benda-benda yang dapat menyerap bunyi yang diterimanya disebut peredam bunyi.Benda-benda yang memiliki sifat menyerap bunyi misalnya : busa, wol, gabus, karpet, karet, dan sebagainya. Benda tersebut dapat digunakan untuk menghilangkan gaung dalam suatu ruangan.

f)       Manfaat bunyi pantul

Gema sering digunakan untuk mengukur kedalaman laut.

 

  1.  Energi Gerak (kinetik)

Energi gerak atau kinetik adalah energi yang dimiliki benda untuk bergerak.  Contohnya air yang mengalir dan angin yang bertiup.

 

Layang-layang dapat terbang karena adanya angin. Layang-layang

mendapat energi gerak dari angin. Perahu layar juga dapat berlayar di

laut. Perahu layar menggunakan energi gerak dari angin. Baling-baling

kincir angin dapat bergerak karena tertiup angin.

  1.  Energi Cahaya

Energi cahaya adalah energi yang ditimbulkan oleh cahaya.  Semua yang dapat memancarkan cahaya disebut sumber cahaya. Contoh sumber cahaya antara lain: matahari, bintang, api, lampu dan kilat.

  1. Sifat-sifat cahaya

Cahaya memiliki beberapa sifat seperti berikut ini:

1)      Cahaya merambat lurus

Sifat cahaya merambat lurus dapat dilihat pada cahaya yang masuk melalui celah-celah rumah yang gelap.

2)      Cahaya menembus benda bening

Benda yang dapat ditembus cahaya disebut benda bening. Contoh benda bening adalah kaca, plastik tembus pandang dan air jernih. Benda-benda yang tidak dapat ditembus cahaya disebut benda gelap. Contohnya seperti tembok, kayu, dan besi.

3)      Cahaya dapat dipantulkan

Apabila seberkas cahaya jatuh pada permukaan suatu benda. Maka sebagian dari berkas cahaya itu diserap dan sebagian dipantulkan. Berkas cahaya yang idpantulkan itu dinamakan cahaya pantul. Ketika cahaya jatuh ke permukaan yang licin seperti cermin, berkas cahaya pantul memiliki arah yang sejajar. Pemantulan seperti itu disebut pemantulan yang teratur. Ketika cahaya jatuh ke permukaan yang kasar, berkas cahaya akan memiliki arah yang tidak teratur.

4)       Cahaya dapat dibiaskan

Jika cahaya melalui dua medium berbeda, maka cahaya akan mengalami pembiasan atau pembelokan. Medium adalah zat yang dilalui. Kerapatan zat pada medium berbeda-beda. Kerapatan gelas bening lebih besar daripada kerapatan air jernih. Oleh karena itu, ketika pensil dimasukan ke dalam gelas yang berisi air, kita akan melihat pensil di dalam air seolah-olah bengkok. Padala itu di sebabkan pembiasan cahaya. Pembiasan cahaya juga membuat dasar bak mandi dan dasar sungai tampak lebih dangkal dari yang sebenarnya. Pembiasan cahaya membuat benda-benda di dalam air kolam terlihat lebih dekat.

  1. Cahaya putih

Cahaya putih terdiri atas tujuh warna, yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Cahaya putih yang dibiaskan melalui prisma terurai menjadi warna-warna pembentuknya. Pelangi yang berwarna-warni sebenarnya berasal dari cahaya putih matahari yang dibiaskan.

  1. Pemanfaatan energi cahaya

Pada proses fotosintesis.

 

  1. Energi Potensial

Energi potensial adalah energi yang tersimpan dalam suatu benda.  Contohnya energi yang terdapat dalam katapel, per atau busur panah yang terenggang.

 

  1. Energi Listrik

Energi listrik adalah energi yang dihasilkan oleh arus listrik.  Contohnya: baterai merupakan sumber energi listrik yang sering digunakan dala kehidupan sehari-hari. Dalam baterai mula-mula energi disimpan dalam bentuk energi kimia. Kemudian energi tersebut diubah menjadi energi listrik yang digunakan untuk menyalakan senter, radio, atau jam. Dinamo merupakan pembangkit  energi listrik yang berasal dari enerhi gerak. Generator raksasa adalah sumber energi listrik yang dapat menghasilkan energi listrik dalam jumlah besar. Energi tersebut didapat dari air terjun, air dam, panas bumi, atau nuklir.

  1. Menghantarkan listrik

Konduktor listrik adalah jenis benda yang dapat menghantarkan listrik. Contohnya adalah kabel dan air.

Isolator adalah jenis benda yang tidak dapat menghantar listrik. Contohnya adalah kayu, plastik, kertas, dan kain.

 

  1. Energi Kimia

Energi kimia adalah energi yang tersimpan dalam senyawa-senyawa kimia.  Contohnya aki, baterai, dinamo.

 

  1. Energi Atom

Energi atom adalah energi yang timbul pada reaksi atom saat inti atom dipecah menjadi partikel-partikel lainnya.

 

  1. Energi Nuklir

Energi nuklir adalah energi yang tersimpan dalam atom dari unsur-unsur nuklir.  Contohnya pada ledakan bom atom.

 

  1. A.    Energi Alternatif dan Penggunaanya

Sumber energi alternatif adalah sumber energi yang dapat di ubah menjadi sumber energi baru.

  1. Energi matahari

Energi matahari banyak digunakan manusia, misalnya : untuk mengeringkan pakaian, bahan makanan dan hasil kerajinan. Energi matahari dapat digunakan secara langsung oleh manusia, cahaya matahari dapt menimbulkan api, misalnya : kompor tenaga surya.

Ada beberapa cara pemanfaatan energi panas matahari yaitu:

1)      Pemanasan ruangan

2)      Penerangan ruangan

3)      Kompor matahari

4)      Pengeringan hasi pertanian

5)      Distilasi air kotor

6)      Pemanasan air

7)      Pembangkitan listrik

 

Contoh pembuktian :

1)      Sediakan lensa cembung dan selembar kertas

2)      Tempatkan kertas tersebut ditempat yang teerkena sinar matahari

3)      Letakan lensa diatas kertas dengan  jarak kurang lebih 10-20cm

4)      Tunggulah sekitar 5-10 menit

Kertas akan terbakar dengan mudahnya karena, energi panas yang dikumpulkan terfokus oleh lensa cembung. Panas matahari yang terkumpul itu akan menuju pada satu titik, yaitu titik fokus yang ditimpakan pada kertas. Akibatnya kertas akan terbakar.

  1. Energi air

Air digunakan dalam berbagai keperluan rumah tangga seperti minum, mencuci. Air juga dapat dimanfaatkan sebagai energi alternatif misalnya: air terjun yang dimanfaatkan untuk menggerakan turbin sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA),

  1. Energi angin

Udara yang bergerak disebut angin. Angin dimanfaatkan untuk menggerakan baling-baling dan baling-baling itu menghasilkan energi untuk menggerakan mesin, adapun manfaat lain yaitu: angin darat dan angin laut untuk mencari ikan, bermain layang-layang, menjalankan perahu, berolahraga selancar, angin juga dapat dimanfaatkan sebagai energi alternative yaitu sebagai pembangkit tenaga angin.

 

  1. Panas Bumi ( Geothermal )

Energi alternatif lain yang dapat digunakan adalah panas bumi. Panas bumi adalah panas yang berasal dari panas yang ada pada inti bumi. Apabila ada daerah yang pusat buminya dekat dengan permukaan maka panas bumi ini dapat dimanfaatkan sebagai  pembangkit listrik tenaga panas bumi.

Selain energi alternatif yang sudah disebutkan di atas ada beberapa energi alternative lain seperti biogas dan biodiesel.

 

About arnawatisuri

mahasiswa UPY jurusan S1 PGSD
This entry was posted in PENDIDIKAN. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s