fungsi air

Fungsi air di dalam tubuh

Oleh suri arnawati

Air merupakan pelarut yang bersifat umum karena air bisa melarutkan zat kimia lainnya secara kuat dan permanen.  Zat-zat yang berkonsentrasi dengan air ada dua macam yaitu zat yang bersifat hidrofilik dan hidrofobik. Hidrofilik adalah zat yang mudah larut dengan air contonya gula. Sedangkan hidrobik adalah zat yang tidak mudah larut dalam air contohnya minyak dan lemak. Untuk lebih mendalami kaitan manusia dengan air berikut beberapa fungsi air di dalam tubuh:

1.Menjaga sistem sirkulasi darah tetap lancar

Hal ini berkaitan dengan keringat yang dihasilkan oleh tubuh kita. Saat berkeringat ini menandakan tubuh memerlukan air. Selain itu berkeringat juga dapat mengeluarkan racun dan membakar lemak. Jika kita tidak minum air putih dalam jumlah yang cukup serta meminumnya dalam keadaan kurang baik, anda tidak akan mengeluarkan keringat dan volume darah menjadi turun. hal inilah yang menyebabkan sistem sirkulasi darah menjadi bermasalah. Akibatnya akan mengalami sesak nafas.

2.Menjaga kesetabilan darah dan getah bening agar mempunyyai volume dan tingkat kekentalan yang ideal sehingga dapat berfungsi secara optimal.

Bila tubuh kekurangan air, darah dan getah bening akan mengental. Hal ini berpengaruh pada sirkulasi darah dan supali nutrisi ke organ vital manusia. Darah yang kental akan menyebabkan tubuh menyedot cairan dari dalm tubuh sehingga terjadi ketidakseimbangan. Disamping itu darah kental akan mengalir tidak lancar di dalam tubuh. Efek yang besar akan terjadi pada orang yang mempunyai tingkat setres dan tekanan tinggi. Hal yang ditakutkan adalah jika aliran darah menuju otak terganggu karena kurangnya cairan dalam darah dan mengakibatkan stroke.

3.Menjaga kesetabilan tubuh.

Tubuh manusia terdiri dari 70% air. Fungsi dari air adalah sebagai stabilitator suhu tubuh, memproses pencernaan, memproduksi air ludah, mengangkut nutrisi dan menyerap nutrisi penting. Iklim tropis di Indonesia membuat manusia bekerja keras dalam mensetabilkan suhu tubuh. Iklim tropis membuat kebutuhan akan air menjadi semakin besar. Apabila kekurangan air suhu tubuh akan menjadi panas meneyebabkan dehidrasi serta rusaknya sel saraf sehingga kondisi tubuh menurun.Namun, jika konsumsi air putih cukup maka suhu tubuh dan kondisi tubuh akan baik dan normal.

4.Membuang racun dan toksin  yang berbahaya bagi tubuh

Mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang ideal akan membuat tubuh menjadi sehat. Hal ini karena tubuh bereaksi negatif terhadap racun dan toksin dalm tubuh. Adanya air akan mendorong tubuh mengeluarkan racun dan toksin kemudian dibuang melalui keringat, air seni serta pernapasan.

5.Media pengantar nutrisi dan vitamin ke seluruh organ dan sel tubuh.

Mengkonsumsi air putih yang sehat dan kaya akan mineral akan membuat nutrisi dan vitamin mudah diserap tubuh lewat aliran darah. Apabila konsumsi air putih kurang, penyerapan vitamin dan nutrisi dalam tubuh akan terhambat akibatnya tubuh akan lemah dan daya tahan tubuh menurun.

6.Menjaga agar pencernaan tubuh tetap lancar

Konsumsi air putih yang cukup setiap hari akan membuat pencernaan sehat dan terhindar dari berbagai masalah seperti konstipasi(sembelit) dan maag. Hal ini akan berbeda jika anda tidak cukup mengkonsumsi air putih, usus akan menyerap cairan dari feses sehingga feses menjadi keras dikeluarkan.

7.Menjaga kelembaban kulit dan organ tubuh

Bila kekurangan air organ tubuh akan mengalami pengerutan dan penurunan fungsi, kulit menjadi kusam cepat mengalami penuaan dan tidak bercahaya karena cairan yang dibawah kulit menghilang.

8.Merupakan pelumas sendi dan mencegah benturan pada organ dalam

Air merupakan pelumas pangkal sendi yang berguna untuk menghindari pergesekan antar sendi yang berguna untuk menghindari pergesekan antar sendi dan tulang. Disamping itu air mempunyai fungsi untuk meredam benturan yang terjadi pada organ penting yang bersifat lunak. Air adalah konstituen utama pada tulang rawan. Hal inilah yang makan menjauhkan seseorang dari arthritis atau kerusakan organ tubuh.

Daftar pustaka: Muyosoro Puspitarini. (2012). Terapi Air Putih. Jakarta : Dunia Sehat

About arnawatisuri

mahasiswa UPY jurusan S1 PGSD
This entry was posted in KESEHATAN. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s