Solusi

Cara untuk meningkatkan delapan jenis kecerdasan anak

Oleh Suri Arnawati

Setelah saya membagikan informasi delapan jenis kecerdasan anak kurang afdol bila tidak memberitahukan sejumlah cara dan metode bisa digunakan orang tua dan guru untuk meningkatkan delapan jenis kecerdasan yang dimiliki anak. Cara atau metode yang dipakai untuk meningkatkan kecerdasan anak antara lain:

  1. Meningkatkan kecerdasan bahasa dilakukan dengan mengadakan permainan merangkai kata, anak disuruh membuat buku harian atau diusahakan untuk menulis apa saja yang ada dipikirannya setiap hari dan sediakan waktu untuk brceita dengan keluarga.
  2. Meningkatkan kecerdasan spasial dilakukan dengan seringnya berlatih gambar tiga dimensi, puzzle, kubus, dan teka-teki, buat struktur benda dengan lego atau mainan tiga dimensi lainnya.
  3. Meningkatkan kecerdasan matematis dilakukan dengan berlatih menghitung soal matematika sederhana dengan waktu cepat, mempelajari sempoa dan mengisi teka-teki silang dan belajar matematika secara lebih medalam
  4. Meningkatkan kecerdasan musikal dilakukan dengan cara mengikuti les musik baik les menyanyi ataupun memainkan alat musik, mengikuti pagelaran  atau kontes, dan musik sering mendengarkan beberapa jenis aliran music.
  5. Meningkatkan kecerdasan kinestetik dilakukan dengan cara bergabung dan belatih bersama klub olahraga yang sesuai dengan minat anak.
  6. Meningkatkan kecerdasan interpersonal dengan cara mengajak anak bersosialisasi dengan lingkungan tempat tinggal. Memotivasi anak agar mau bergaul dengan anak lain yang umurnya sebaya. Mengajarkan sopan santun pada anak untuk menghormati orang yang lebih tua di dalam lingkungan tempat tinggalnya.
  7. Meningkatkan kecerdasan intrapersonal dengan cara mengajak anak untuk  melakukan sesuatu yang disenangi selama seharian kemudian ajak anak untuk merenungi kembali secara mental macam-macam perasaan dan gagasan yang dialami selama sehari.
  8. Meningkatkan kecerdasan naturalis dengan cara mengajak anak untuk mencintai flora dan fauna dan mengajak anak untuk melestarikan dan menjaga lingkungan.

Demikian beberapa metode atu cara yang bisa anda coba dipraktekan di rumah atupun sekolah. Metode cara tadi hanyalah sedlkit altenatif jalan keuar untuk meningkatkan delapan kecerdasan anak bisa di kembangkan lagi tergantung pada kreatifitas  guru dan orang tua sebagai fasilitator untuk mewujudkan peningkatan delapan kecerdasan anak.

referensi: Buku Psikologi Perkembangan Anak  karya  Diah Ayuningsih, M.Psi. halaman 55-61

About arnawatisuri

mahasiswa UPY jurusan S1 PGSD
This entry was posted in KELUARGA. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s