ESAY PANCASILA

PENTINGNYA PERANAN IDEOLOGI PANCASILA PADA MASA SEKARANG

Oleh: Suri Arnawati

Ideologi Pancasila pada zaman sekarang sudah mengalami kemunduran di banding pada zaman dahulu saat masa orde lama saat presiden Soekarno dan Soeharto masih berkuasa. Pada zaman orde lama ideologi ini sangat berpengaruh pada kehidupan masyarakat Indonesia, pada masa orde lama orang masih gampang di atur, kehidupan ekonomi, sosial budaya masih ketimuran alias masih menjunjung tinggi nilai kebudayaan dan adat istiadat yang merupakan cikal bakal lahirnya ideologi pancasila. Tetapi lihat kenyataan sekarang, setelah era reformasi ideologi di Indonesia sudah tidak seperti zaman orde baru, kini di Indonesia disadari atu tidak ideologi lain mulai berkembang pesat pada hal-hal yang penting dalam masyarakat Indonesia. Misalnya ideologi liberal yang mementingkan kebebasan hak individu menjadikan rakyat terlalu bebas dalam menggunakan hak individunya tanpa memikirkan orang lain sehingga sering menimbulkan konflik interen dan ekstern antar anggota masyarakat, ideologi kapitalis merasuk pada masyarakat khususnya anggota masyarakat yang mencalonkan diri sebagai kepala daerah atau pejabat tinggi di tingkat daerah maupun pusat. Prinsip orang yang berideologi kapitalis itu seperti filosofi katak yaitu menjilat ke atas, kebawah menginjak, ke samping menyikut dan hidup di dua dunia. Dari filosofi tersebut disimpulkan manusia yang memiliki ideologi kapitalis  memiliki tingkah laku seperti katak yaitu bawahan yang menjilat atasanya seperti katak yang menjilat ke atas, tidak peduli dengan keadaan rakyat kecil, menindas kaum lemah seperti katak yang menginjak apa saja yang dibawahnya, saling menjatuhkan lawanya dan menyingkirkan halangan dengan kasar seperti katak yang menyikut apapun yang ada disampingnya, bersifat munafik lain dibibir dan lain dihati seperti katak yang hidup di dua alam. Ideologi komonis yang tidak mengakui adanya tuhan sebagai pencipta bumi dan seisinya. Dan ada ideologi lain yang masih banyak berpengaruh pada sikap masyarakat Indonesia pada zaman modern seperti sekarang ini.

Ideologi pancasila penting untuk untuk diterapkan pada bidang-bidang di pemerintahan karena ideologi ini dibuat sesuai dasar negara Indonesia yaitu Pancasila. Bukti pentingnya peranan Ideologi Pancasila untuk masyarakat Indonesia adalah pancasila menjunjung tinggi Ketuhanan Yang Maha Esa bukti kongkritnya di Indonesia mengakui Tuhan yaitu dengan adanya hak memeluk agama sesuai kepercayaan yang di anutnya, negara memberi kebebasan rakyat untuk beribadah sesuai agama dan kepercayaan masing-masing. Bukti penting yang kedua adalah pancasila menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan keadilan misalnya menghormati HAM seseorang dan gotong royong. Dibuktikan dengan tidak adanya perbudakan dan dihargai dan dihormatinya nilai-nilai kemanusiaan. Bukti yang ketiga yaitu kondisi masyarakat Indonesia pada zaman dahulu bersifat kedaerahan, kaya suku bangsa dan bahasa. Dari berbagi unsur tadi dapat memperkaya kekayaan bangsa yang dapat memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa . Namun sebaliknya jika kekayaan tadi tidak dikelola dengan baik, maka dapat menimbulkan perpecahan atau konflik yang dapat melemahkan persatuan dan kesatuan bangsa. Dari situlah ideologi pancasila hadir dan digunakan sebagai ideologi persatuan. Bukti yang keempat adalah rakyat harus dipimpin oleh seorang pemimpin yang dipilih oleh rakyat. Dan bukti yang kelima adalah pancasila menjunjung tinggi nilai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Keadilan disini meliputi banyak hal misalnya dalam bidang hukum, sosial dan budaya.

Tetapi pada zaman modern seperti sekarang bukti pentingnya ideologi pancasila  terhadap sikap masyarakat Indonesia mulai sedikit demi sedikit memudar hal itu diakibatkan oleh beberapa faktor antara lain:

  1. Pola pikir

Terdapat perubahan pola pikir masyarakat Indonesia yang disebabkan oleh pengaruh dari lingkungan sekitar maupun luar misalnya pengaruh berita dan tingkat keimanan seorang yang kuat atau tidak bisa menahan godaan di dunia. Misalnya seorang ingin mempunyai banyak uang dengan cara gampang tanpa harus kerja keras yaitu dengan korupsi. Awalnya tidak memikirkan hal tersebut tetapi karena adanya kesempatan dan imanya tidak kuat maka seorang bisa terjerumus dalam tindak pidana korupsi.

  1. Efek negatif globalisasi

Efek negatif globalisasi menyebabkan masyarakat Indonesia kehilangan jati dirinya sehingga mudah terpengaruh oleh budaya barat yang tidak baik misalnya liberalisme dalam bidang perdagangan bebas yang menyebabkan bangsa Indonesia tidak dapat mengendalikan perdagangan dan ekonomi dalam negeri. Hal itu membuat rakyat Indonesia yang berada pada garis kemiskinan makin menderita.

  1. Pudarnya kesadaran terhadap nilai-nilai budaya bangsa

Hal ini tampak jelas dan terasa dalam pergaulan anak muda zaman sekarang, anak muda zaman sekarang lebih menggunakan dan menghargai budaya dan gaya hidup orang asing yang merupakan budaya barat yang berbeda dengan budaya Indonesia yang ketimuran. Misalnya cara berpakaian meniru artis dari luar barat jika tidak berpakaian seperti artis dianggap norak dan kuno alias ketinggalan zaman.

  1. Pergeseran nilai etika dan moral dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hal terjadi pada para pemimpin bangsa ini yang banyak melakukan korupsi. Aksi main hakim sendiri dan anarkisme pada saat demonstrasi yang kebanyakan ditunggangi oleh kepentingan politik suatu golongan. Memudarnya sikap sopan santun, kejujuran dan rasa cinta tanah air akhir-akhir ini. Dibuktikan dengan adanya berita aksi demo anarkis  mahasiswa menolak kenaikan BBM. Korupsi besar-besaran anggota DPR dan pejabat tinggi lainya yang sekarang mulai banyak di usut oleh KPK dan polisi.

  1. Maraknya konflik di kalangan masyarakat

Banyaknya konflik di masyarakat menyebabkan masyarakat menjadi terpecah belah sehingga mudah untuk di hasut dan dipengaruhi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Jika tidak di tangani dengan baik dapat membahayakan negara, mengancam keamanan negara membuat rakyat ketakutan.

Upaya-upaya yang harus dilakukan pemerintah dan anggota masyarakat untuk memperkuat ideologi pancasila ditengah-tengah perkembangan zaman yang modern seperti sekarang ini adalah :

  1. Meningkatkan kesadaran kita terhadap pentingya rasa persatuan dan kesatuan untuk rakyat Indonesia agar tidak mudah diadu domba dipecah belah oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
  2. Meningkatkan rasa cinta tanah air dengan cara menggunakan produk dalam negeri dan mengembangkan rasa bangga menjadi rakyat Indonesia. Sebaiknya Pemerintah membuat undang-undang yang tegas tentang perdagangan bebas memfilter dan memberi standar mutu terhadap barang yang akan masuk ke Indonesia agar tidak merugikan dam mematikan ekonomi rakyat kecil.
  3. Meningkatkan rasa saling menghargai dan menghormati antara anggota masyarakat dengan masyarakat lain, dan masyarakat dengan pejabat yang duduk di pemerintahan.
  4. Menumbuhkan dan meningkatkan sifat kepedulian sosial terhadap kondisi masyarakat di lingkungan terkecil misal tetangga dan lingkup besar misalnya warga negara.
  5. Memperkuat iman dan taqwa kita kepada Tuhan Yang Maha Esa. Senantiasa berdo’a semoga dijauhkan dari hal-hal yang tidak baik. Dan pemerintah membuat undang-undang yang tegas untuk menindak pelaku korupsi.
  6. Mengembangkan sistem demokratis yang benar dalam mengungkapkan aspirasi tanpa anarkis dan kekerasan dalam pemerintahan.
  7. Para pejabat tinggi hendaknya memberikan contoh yang baik untuk rakyatnya, dan meningkatkan kepedulian terhadap nasib rakyat kecil yang di pinggiran kota, dan rakyat yang berada di daerah pedalaman yang kehidupanya jauh dari jangkauan pemerintah pusat.
  8. Meperkuat karakter dan jati diri bangsa Indonesia yang sekarang mulai memudar. Karakter bangsa Indonesia adalah menjunjung nilai ketimuran dalam bersikap, bertingkahlaku dan berbicara. Toleransi antar umat beragama dan pemerintah, memperbaiki moral bangsa ini menjadi bangsa yang bermoral baik sesuai ideologi pancasila.

Jika ingin memperbaiki bangsa ini seperti zaman dahulu saat masa kejayaan ideologi pancasila diterpakan di Indonesia hendaknya upaya-upaya diatas harus mulai dilakukan sejak sekarang, jangan tunggu nanti, besok dan lusa karena tiap detik sangat berharaga untuk bangsa ini. Bangsa ini akan bertambah baik atau malah sebaliknya itu tergantung oleh para warga masyarakat terutama kaum muda para mahasiswa calon pewaris tonggak kekuasaan negara nantinya. Kaum muda khususnya para mahasiswa sangat berpengaruh  terhadap jalanya pemerintahan di negara ini. Maka mulai sekarang kita generasi muda mahasiswa harus mulai berfikir hal apakah yang bermanfaat untuk kita berikan pada bangsa ini agar bangsa ini lebih maju dan lebih berkembang dengan baik di segala bidang. Para pejabat tinggi negara yang duduk di jabatan tinggi pemerintahan juga sangat berpengaruh dalam kehidupan masyarakat Indonesia pada zaman sekarang. Rakyat akan hidup makmur dan sejahtera jika para pejabat yang duduk di lembaga tinggi negara peduli dan memikirkan kebijakan pemerintah yang pro terhadap nasib rakyat kecil. Mulailah melakukan  perubahan untuk bangsa ini, tidak usah muluk-muluk. Mulailah perubahan dimulai dari diri sendiri, menjadi pribadi yang lebih tanggap dan peduli terhadap masyarakat sekitar dan berusaha memajukan warga masyarakat kemudian meluas hingga seluruh warga negara Indonesia semoga dengan cara itu bisa menyelamatkan bangsa ini dari kehancuran. Dan tidak ada kata terlambat untuk sebuah niatan baik untuk memperbaiki kondisi bangsa ini, itu hal penting  yang harus diingat oleh para kaum muda khususnya kau mahasiswa . . . . . . . . .

Ideologi pancasila sangat penting untuk kembali diterapkan ditengah-tengah kehidupan bermasyarakat dan bernegara khususnya di Indonesia pada zaman sekarang yang sudah mulai meninggalkan dan mulai melupakan ideologi pancasila yang sangat penting karena menjadi pandangan hidup, sebagai norma yang menjadi pedoman hidup dalam bersikap dan sebagai tujuan dan cita-cita bangsa yang igin dicapai. Sehingga masyarakat dan para pejabat negara harus berusaha dengan keras dan sungguh-sungguh untuk memperbaiki moral bangsa Indonesia. Moral yang baik berdasarkan ideologi pancasila agar bisa mewujudkan tujuan dan cita-cita bangsa ini. Masyarakat dan para pejabat tinggi negara sangat berperan untuk mewujudkan tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia yang tertuang dalam UUD 1945. Masyarakat berperan sebagai  pemantau jalanya pemerintahan dan harus aktif dan kritis dalam menanggapi setiap keputusan dan kebijakan yang dilakukan pemerintah dan aktif dalam beraspirasi menyuarakan kepentingan umum sehingga pemerintah bisa selau ingat akan nasib dan keinginan rakyat-rakyatnya yang jauh dari pusat pemerintahan. Para pejabat tinggi negara harus memikirkan nasib rakyat kecil dan harus memikirkan setiap dampak dari kebijakan yang ingin dibuat agar rakyat tidak merasa dirugikan saat kebijakan pemerintah yang bersifat mengikat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat telah diputuskan dan telah disahkan oleh lembaga negara. Itulah pentingnya kerjasama warga masyarakat, pejabat negara dan pemerintah untuk dapat mewujudkan tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia yang diamanatkan dalam pembukaan UUD 1945.

Dalam penyusunan makalah esay pancasila sebagai tugas untuk memenuhi kewajiban pada mata kuliah Pendidikan Pancasila, saya mohon maaf apabila dalam penyusunannya masih terdapat banyak kekurangan dan kesalahan dalam segi penulisan dan pemilihan kata. Jujur untuk menulis sebuah makalah esay ini pengalaman yang kedua setelah kemarin ada tugas dari dosen lain untuk membuat makalah esay pada mata kuliah yang jauh berbeda dengan mata kuliah pendidikan pancasila tetpi tingkat kesulitanya hamir sama. Pertama saya masih merasakan kebingungan dalam sisitem penulisanya setelah saya membuka alamat wab yang telah bapak berikan, saya mendapatkan sedikit pencerahan ditengah kebingungan yang melanda pikiran saya selama menyusunn tugas esay ini. Dalam pembuatan makalah esay ini saya mempunyai banyak kendala saat harus merefisi ulang makalah yang sebenarnya sudah jadi tetapi karena tidak merasakan kecocokan dengan tjudul dan isi saya memulai lagi menyusun makalah esay ini dari awal dan hasil yang saya kumpulkan sekarang, inilah buah kerja keras saya dengan waktu yang lumayan singkat ditengah kepadatan tugas mata kuliuah lain saya berusaha menyelesaikan tugas ini dengan baik. Untuk membuat makalah esay dilain kesempatan saya masih membutuhkan banyak bimbingan dari bapak dosen agar dikemudian hari saat saya sudah menjadi seseorang yang lebih sukses saya bisa menularkan ilmu yang saya dapatkan dari bapak, semoga ilmu itu menjadi ladang amal jariah untuk bapak nantinya. Saya akan terima kritik dan saran atas penulisan makalah yang berjudul Pentingya Peranan Ideologi Pancasila  Pada Masa Sekarang dengan rasa ikhlas agar kedepanya saya bisa jauh lebih baik dan benar dalam menyusun tugas makalah esay ataupun makalah biasa. Semoga  makalah essay ini bisa bermanfaat untuk menambah wawasan bagi para pembacanya. Demikian yang bisa saya sampaikan ataas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

DAFTAR PUSTAKA:

Chaidar warianto. 2011. Pendidikan Karakter Bangsa.(online) (http:www.artikel_detail-36.html,diakses tanggal 19 mei 2012.

Rukiyati, M.Hum. 2008. Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: UNY Press.

Sunarso. 2004. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: UNY Press.

Walfarianto. 2008. Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Universitas PGRI Yogyakarta.

About arnawatisuri

mahasiswa UPY jurusan S1 PGSD
Aside | This entry was posted in PENDIDIKAN. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s